Selasa, 01 September 2009

Ramadhan yang Penuh Keajaiban

Bulan Ramadhan atau bulan ketika seseorang yang sudah memenuhi syarat untuk berpuasa diwajibkan berpuasa merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan.Di bulan Ramadhan semua muslim di dunia berbondong-bondong melakukan perbuatan yang bertujuan untuk mendapat pahala dan ampunan agar dirinya bisa hidup bahagia di dunia dan di akhirat.Di dalam bulan Ramadhan terjadi peristiwa yang sangat menakjubkan diantaranya ada malam dimana malam tersebut lebih baik dari seribu bulan atau yang lebih dikenal malam Lailatul Qadar.Semua muslim ingin mendapatkan malam yang penuh berkah ini namun tidak ada yang tahu jelasnya kapan malam ini akan datang tetapi ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa malam lailatul qadar terjadi di saat 10 malam terakhir bulan Ramadhan. " Rasulullah ShallAllahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadhan dan beliau bersabda, yang artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon" " (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).

Selain terjadi malam lailatul qadar, di bulan Ramadhan juga terjadi peristiwa turunnya Al-Qur'an yang diperingati sebagai Nuzulul Quran pada tanggal 17 Ramadhan.Ayat pertama yang diturunkan Allah SWT yakni surat Al-Alaq ayat 1-5 yang isinya menyuruh manusia untuk membaca.Ayat ini diturunkan di Gua Hira kepada Nabi Muhammad.

Selain itu,di bulan Ramadhan jika kita sungguh-sunguh ingin bertakwa dengan ikhlas Insya Allah dosa kita akan diampuni.Ada sebuah hadits yang menyatakan “Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanannya dan karena mengharap ridha Allah, maka dosa-dosa sebelumnya diampuni” (HR. Bukhari – Muslim dan Abu Dawud).

Sungguh besar apa yang telah Allah berikan di bulan yang penuh ampunan ini.Ini hanya sedikit peristiwa yang ada di bulan Ramadhan yang bisa saya rangkum,ada banyak lagi kejadian yang terjadi di bulan Ramadhan ini.Apakah kita sudah melaksanakan semua yang diperintahkan Allah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh di bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya.

5 komentar:

Reiyo mengatakan...

nice post bro,, haha, visit me back sob

Anonim mengatakan...

Semoga kita semua mendapatkan rahmat di Bulan yang penuh berkah ini.
Amien.....

Reiyo mengatakan...

wey beri name and url,, pada bagian form komentar,, n jangn lupa chiclet na cepet ndang di gawe oke,, biar,, trafic cepet,, sep2 keep bloging

A-RieN mengatakan...

yoo ngunu mbah tobat...

Reiyo mengatakan...

gmana noer? dah dibuat chicklet te?

Posting Komentar